Skip to main content

Contoh pola makan yang benar menurut ahli gizi

Ahli gizi merupakan seorang pakar yang memahami tentang gizi dan pola makan sehat. Profesi tersebut mempelajari khusus bidang gizi yang diterapkan berdasarkan ilmu pengetahuan.


Setiap orang menginginkan hidup dalam keadaan sehat fisik maupun psikis. Gaya hidup dan olahraga tidak cukup untuk mendapatkan kehidupan yang sehat. Hal ini harus di dukung oleh asupan nutrisi seimbang yang dikonsumsi setiap hari.

Berikut ini merupakan pola makan yang benar menurut ahli gizi. Pola makan ini dapat anda terapkan dikehidupan sehari-hari, antara lain :

Sarapan pagi.
Ahli gizi menjelaskan bahwa sarapan merupakan aktivitas sederhana yang memiliki banyak manfaat. Sarapan bermanfaat memulai proses kerja sistem pencernaan dan memberikan tenaga untuk melakukan aktivitas sehari penuh.

Jangan menunda makan.
Ahli gizi melarang kebiasaan menunda lapar. Pada saat perut terasa lapar, sebaiknya segera makan dengan porsi secukupnya.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan.
Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Keduanya memiliki manfaat mencegah dan mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Sebaiknya konsumsi buah dan sayur harus tetap dalam porsi normal.

Minum air mineral.
Air mineral merupakan jenis minuman yang menyehatkan. Konsumsi air mineral minimal 8 gelas atau setara 2-3 liter setiap hari.

Makan tepat waktu.
Sistem metabolisme membutuhkan waktu untuk mencerna makanan secara menyeluruh selama sekitar 24 jam dan paling cepat dalam waktu 8 jam. Buatlah jadwal makan dan usahakan makan tetapi waktu.

Ngemil di waktu yang tepat.
Waktu makan normal biasanya berjarak 5 jam. Waktu yang tepat untuk ngemil yaitu diantara jeda waktu makan normal tersebut.
Beberapa hal yang harus dihindari :
  • Hindari makanan dan minuman yang memiliki kandungan alkohol dan kadar gula yang tinggi.
  • Tidak perlu melakukan diet ketat dan cukup makan secara teratur.
  • Hindari makanan junk food, fast food, makanan dalam kemasan dan makanan-makanan berpengawet.

Jenis makanan yang disarankan ahli gizi untuk dikonsumsi :
  • Menambah asupan makanan yang mengandung protein tinggi. Contohnya : telur, daging merah, oetmeal, kacang-kacangan, susu, dll.
  • Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak baik dan memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan. Contohnya : ikan salmon, ikan tuna, dll.
  • Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Contohnya : gandum, beras merah, kacang-kacangan, dll.
  • Jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Contohnya : pepaya, gandum, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Penyakit Brahma, benarkah penyakit kutukan? Simak penjelasannya dalam ilmu medis

Indonesia kaya akan budaya yang sebagian masyarakatnya masih mempercayai tahayul. Dalam masyarakat Betawi, dikenal penyakit Brahma yang konon terjadi akibat melewati tempat bekas orang berzina. Penyakit tersebut diyakini hanya bisa disembuhkan dengan cara disembur oleh dukun kemudian dioleskan campuran daun brahma merah, jamur pandan merah dan minyak kelapa. Pada kasus yang terjadi, penderitanya datang dengan keluhan demam, muncul lesi seperti bisul berisi air disertai rasa panas seperti terbakar, beberapa diantaranya sampai meninggal dunia. Dalam ilmu kedokteran tidak dikenal penyakit Brahma air ataupun Brahma api. Dilihat dari gejala fisiknya, penyakit tersebut masuk dalam kategori infeksi akut. Jenis infeksi akut salah satunya adalah sepsis. Hampir 95% gejala penyakit Brahma (yang disebut oleh orang betawi), sesungguhnya merupakan gejala sepsis. Sepsis adalah kondisi peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi bakteri ataupun mikroorganisme di dalam darah, uri

Kista Bartholin (benjolan di bibir vagina), penyebab dan gejalanya

Pernahkah anda mendengar istilah kista Bartholin? Kista Bartholin merupakan benjolan yang tumbuh pada lipatan bibir vagina akibat penyumbatan saluran kelenjar Bartholin. Kelenjar Bartholin terletak di seluruh sisi dinding vagina yang berfungsi mengeluarkan cairan untuk membantu melumaskan vagina saat berhubungan seksual. Tumbuhnya kista Bartholin umumnya terjadi pada wanita di masa usia subur atau menjelang menopause. Faktor penyebab tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin : Iritasi jangka panjang pada vagina. Peradangan akibat infeksi bakteri Escherichia coli. Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae . Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Chlamydia trachomatis . Dalam kasus yang terjadi, kista Bartholin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kista dapat terinfeksi bakteri sehingga terbentuk nanah menjadi abses Bartholin. Proses terbentuknya kista Bartholin : Kelenjar Bartholin memiliki saluran untuk menge

Kasus medis gatal dan panas di leher (Dermatitis Venenata)

Penjelasan kasus. Seorang wanita usia 40 tahun, ibu rumah tangga sehari-hari menggunakan jilbab datang dengan keluhan sebagai berikut : Muncul plenting di kulit leher sejak 3 minggu (plenting yang dimaksud adalah vesikel-bula). Plenting terasa gatal dan panas. Oleh dokter dikatakan pasien mengalami herpes. Sudah diberi acyclovir zaft dan acyclovir tab, obat sudah habis namun tidak sembuh. Diagnosis medis : Lesi hanya soliter dan terbatas pada 1 regional saja, menurut saya ini bukan herpes. Herpes tidak tepat diberikan acyclovir cream untuk kasus herpes zoster. Dari anamnesis dan gambaran dermatologi, pasien menderita Dermatitis Venenata. Terapi yang diberikan : Tes Kalium hidroksida (KOH) 10% dan lampu wood. Metilprednisolon tab 3 x 4 mg. Natrium diklofenak tab 3 x 50 mg prn. Cetirizine tab 1 x 10 mg prn. Digenta cream 2 x 1 ue. Kontrol kembali 5 hari kemudian.