Skip to main content

Apa penyebab sakit maag pada anak? Serta tips mengatasi keluhan nyeri lambung pada anak

Penyakit maag tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya. Anak yang makan secara teratur dan mendapatkan cukup nutrisi, mengapa bisa terserang maag? Sakit maag pada anak umumnya bukan disebabkan oleh pola makan yang buruk.


Penyakit maag tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya. Anak yang makan secara teratur dan mendapatkan cukup nutrisi, mengapa bisa terserang maag? Sakit maag pada anak umumnya bukan disebabkan oleh pola makan yang buruk.


Maag merupakan gangguan penyakit yang menyerang lambung. Lambung memproduksi asam lambung secara berlebihan sehingga menyebabkan iritasi dinding lambung dan menimbulkan rasa nyeri di perut. Penyakit maag yang diderita anak-anak biasanya disebabkan oleh kuman Helicobacter Pylori.


Helicobacter Pylori dapat masuk ke dalam lambung melalui :
  • Makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh feses.
  • Air liur orang yang terinfeksi Helicobacter Pylori.
  • Kontak mulut seperti mencium atau berciuman.


Jika tidak segera ditangani, infeksi Helicobacter Pylori dapat menyebabkan penyakit, antara lain :
  • Penyakit gastritis (maag).
  • Penyakit ulkus peptikum.
  • Kanker lambung.

Faktor risiko sakit maag pada anak, antara lain :
  1. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tercemar bakteri Helicobacter Pylori.
  2. Mengkonsumsi obat penurun panas.
  3. Mengkonsumsi obat anti alergi.
  4. Mengkonsumsi obat batuk.
  5. Mengkonsumsi obat asma.
  6. Stress pada anak yang memicu tingginya produksi asam lambung.
  7. Makanan pedas.
  8. Minuman bersoda.

Gejala penyakit maag pada anak :
  • Muntah.
  • Kembung.
  • Nyeri ulu hati.
  • Cepat kenyang.
  • Nafsu makan menurun.
  • Sering kentut.
  • Buang air besar tidak lancar.
  • Badan lemah
  • Penurunan berat badan.
  • Gelisah di malam hari karena perut sakit.
  • Muntah darah.
  • Terdapat bercak darah pada feses.

Diagnosa penyakit maag pada anak mudah dikenali, sehingga hanya memerlukan penanganan standart dengan memberikan obat untuk menghilangkan rasa nyeri lambung dan menurunkan produksi asam lambung. Obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk anak yang terserang maag, antara lain :
  • Ranitidine dan omeprazole : obat penurun produksi asam lambung.
  • Antasida : obat penetralisir asam lambung.
  • Antibiotik : resep antibotik akan diberikan jika anak menderita maag yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter Pylori.

Apabila keluhan terus berlanjut, maka diperlukan pemeriksaan lanjutan sebagai berikut :
  • Pemeriksaan sampel buang air besar.
  • Pemeriksaan darah.
  • Pemeriksaan urine.
  • Pemeriksaan udara nafas.
  • Endoskopi.

Jika gejala yang ditimbulkan masih tergolong ringan, berikut ini adalah tips mengatasi keluhan nyeri lambung pada anak :
  1. Berikan anak air mineral hangat.
  2. Berikan makan dengan porsi sedikit, namun sesering mungkin agar lambung tidak kosong dalam jangka waktu lama.
  3. Ajak anak untuk beristirahat, jangan terlalu banyak melakukan aktivitas fisik.
  4. Berikan obat sesuai resep dokter.

Untuk mencegah si kecil terserang penyakit maag sejak dini, perhatikan selalu pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak. Pastikan makanan dan minuman selalu dalam kondisi higienis agar terhindar dari segala jenis bakteri. Hindari memberikan makanan yang terlalu asam atau pedas untuk anak. Jangan membiasakan anak minum minuman kalengan bersoda yang dapat mengikis dinding lambung.

Comments

Popular posts from this blog

Penyakit Brahma, benarkah penyakit kutukan? Simak penjelasannya dalam ilmu medis

Indonesia kaya akan budaya yang sebagian masyarakatnya masih mempercayai tahayul. Dalam masyarakat Betawi, dikenal penyakit Brahma yang konon terjadi akibat melewati tempat bekas orang berzina. Penyakit tersebut diyakini hanya bisa disembuhkan dengan cara disembur oleh dukun kemudian dioleskan campuran daun brahma merah, jamur pandan merah dan minyak kelapa. Pada kasus yang terjadi, penderitanya datang dengan keluhan demam, muncul lesi seperti bisul berisi air disertai rasa panas seperti terbakar, beberapa diantaranya sampai meninggal dunia. Dalam ilmu kedokteran tidak dikenal penyakit Brahma air ataupun Brahma api. Dilihat dari gejala fisiknya, penyakit tersebut masuk dalam kategori infeksi akut. Jenis infeksi akut salah satunya adalah sepsis. Hampir 95% gejala penyakit Brahma (yang disebut oleh orang betawi), sesungguhnya merupakan gejala sepsis. Sepsis adalah kondisi peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi bakteri ataupun mikroorganisme di dalam darah, uri

Kista Bartholin (benjolan di bibir vagina), penyebab dan gejalanya

Pernahkah anda mendengar istilah kista Bartholin? Kista Bartholin merupakan benjolan yang tumbuh pada lipatan bibir vagina akibat penyumbatan saluran kelenjar Bartholin. Kelenjar Bartholin terletak di seluruh sisi dinding vagina yang berfungsi mengeluarkan cairan untuk membantu melumaskan vagina saat berhubungan seksual. Tumbuhnya kista Bartholin umumnya terjadi pada wanita di masa usia subur atau menjelang menopause. Faktor penyebab tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin : Iritasi jangka panjang pada vagina. Peradangan akibat infeksi bakteri Escherichia coli. Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae . Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Chlamydia trachomatis . Dalam kasus yang terjadi, kista Bartholin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kista dapat terinfeksi bakteri sehingga terbentuk nanah menjadi abses Bartholin. Proses terbentuknya kista Bartholin : Kelenjar Bartholin memiliki saluran untuk menge

Kasus medis gatal dan panas di leher (Dermatitis Venenata)

Penjelasan kasus. Seorang wanita usia 40 tahun, ibu rumah tangga sehari-hari menggunakan jilbab datang dengan keluhan sebagai berikut : Muncul plenting di kulit leher sejak 3 minggu (plenting yang dimaksud adalah vesikel-bula). Plenting terasa gatal dan panas. Oleh dokter dikatakan pasien mengalami herpes. Sudah diberi acyclovir zaft dan acyclovir tab, obat sudah habis namun tidak sembuh. Diagnosis medis : Lesi hanya soliter dan terbatas pada 1 regional saja, menurut saya ini bukan herpes. Herpes tidak tepat diberikan acyclovir cream untuk kasus herpes zoster. Dari anamnesis dan gambaran dermatologi, pasien menderita Dermatitis Venenata. Terapi yang diberikan : Tes Kalium hidroksida (KOH) 10% dan lampu wood. Metilprednisolon tab 3 x 4 mg. Natrium diklofenak tab 3 x 50 mg prn. Cetirizine tab 1 x 10 mg prn. Digenta cream 2 x 1 ue. Kontrol kembali 5 hari kemudian.