Skip to main content

Manfaat sahur untuk kesehatan. Jangan malas bangun sahur.

Nabi Muhammad SAW bersabda "Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan". Tidak hanya menahan lapar dan haus, bangun sahur juga menjadi tantangan yang berat untuk beberapa orang di bulan suci Ramadhan. Melawan rasa ngantuk merupakan hal yang cukup sulit, ditambah dengan rasa malas menyiapkan hidangan untuk santap sahur. Meskipun sahur hukumnya sunnah, tetapi di balik itu memiliki berkah manfaat untuk kesehatan tubuh. Waktu sahur yang paling tepat adalah di sepertiga malam terakhir, yaitu pukul 01.00 sampai dengan tiba waktu subuh.

image source: ramadhanoke


Perut yang kekenyangan akibat makan berlebihan ketika berbuka puasa juga menjadi alasan seseorang tidak mau bangun sahur. Padahal dalam hadist diperintahkan untuk sahur walau hanya dengan seteguk air. "Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah kurma" (HR. Abu Dawud dan disahihkan Syaikh Al-Albani dalam sahih Abu Dawud). Buah kurma juga disebut dalam salah satu hadist. Kurma mengandung gizi yang lengkap dan kalori tinggi yang dapat memberi energi untuk beraktivitas selama berpuasa.


Manfaat sahur bagi kesehatan tubuh antara lain :

Mencegah penyakit maag.
Santap sahur membuat lambung terisi makanan, sehingga lambung tidak kosong dalam waktu terlalu lama. Lambung yang kosong akan menimbulkan rasa perih karena asam lambung tidak memiliki bahan untuk dicerna. Pada siang hari produksi asam lambung akan meningkat. Setelah 6-8 jam berpuasa perut akan terasa perih. Makan sahur dapat memperpanjang waktu pengosongan lambung dan menunda rasa lapar.

Menghindari terjadinya hipoglikemia.
Berpuasa selama 12 jam dapat menyebabkan hipoglikemia, yaitu turunnya kadar gula darah di bawah batas normal. Kadar gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, sulit berkonsenterasi, bahkan pingsan. Gula darah dihasilkan dari makanan yang dicerna oleh organ pankreas. Sahur memberi tubuh cadangan makanan untuk dicerna menjadi energi dan zat gula, sehingga kadar gula dalam darah tetap stabil.

Mengurangi risiko stress.
Stress merupakan salah satu faktor penyebab naiknya asam lambung. Asam lambung yang naik dapat mengganggu kondisi lambung saat berpuasa. Stress dipicu oleh produksi hormon kortisol yang berlebihan. Hormon kortisol diproduksi ketika seseorang sedang tertidur. Dengan bangun sahur, maka aktivitas hormon kortisol akan terhenti dan menghidari seseorang dari stress.


Selain bermanfaat untuk kesehatan, makan sahur merupakan sunnah Nabi sehingga dapat melengkapi amal ibadah di bulan suci Ramadhan. Waktu sepertiga malam juga dapat dimaanfaatkan untuk berdzikir dan sholat malam. Tidak hanya manfaat kesehatan yang didapat dari bangun sahur. Pahala juga banyak didapat dengan mengerjakan ibadah malam. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat.

Comments

Popular posts from this blog

Penyakit Brahma, benarkah penyakit kutukan? Simak penjelasannya dalam ilmu medis

Indonesia kaya akan budaya yang sebagian masyarakatnya masih mempercayai tahayul. Dalam masyarakat Betawi, dikenal penyakit Brahma yang konon terjadi akibat melewati tempat bekas orang berzina. Penyakit tersebut diyakini hanya bisa disembuhkan dengan cara disembur oleh dukun kemudian dioleskan campuran daun brahma merah, jamur pandan merah dan minyak kelapa. Pada kasus yang terjadi, penderitanya datang dengan keluhan demam, muncul lesi seperti bisul berisi air disertai rasa panas seperti terbakar, beberapa diantaranya sampai meninggal dunia. Dalam ilmu kedokteran tidak dikenal penyakit Brahma air ataupun Brahma api. Dilihat dari gejala fisiknya, penyakit tersebut masuk dalam kategori infeksi akut. Jenis infeksi akut salah satunya adalah sepsis. Hampir 95% gejala penyakit Brahma (yang disebut oleh orang betawi), sesungguhnya merupakan gejala sepsis. Sepsis adalah kondisi peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi bakteri ataupun mikroorganisme di dalam darah, uri

Kista Bartholin (benjolan di bibir vagina), penyebab dan gejalanya

Pernahkah anda mendengar istilah kista Bartholin? Kista Bartholin merupakan benjolan yang tumbuh pada lipatan bibir vagina akibat penyumbatan saluran kelenjar Bartholin. Kelenjar Bartholin terletak di seluruh sisi dinding vagina yang berfungsi mengeluarkan cairan untuk membantu melumaskan vagina saat berhubungan seksual. Tumbuhnya kista Bartholin umumnya terjadi pada wanita di masa usia subur atau menjelang menopause. Faktor penyebab tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin : Iritasi jangka panjang pada vagina. Peradangan akibat infeksi bakteri Escherichia coli. Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae . Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Chlamydia trachomatis . Dalam kasus yang terjadi, kista Bartholin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kista dapat terinfeksi bakteri sehingga terbentuk nanah menjadi abses Bartholin. Proses terbentuknya kista Bartholin : Kelenjar Bartholin memiliki saluran untuk menge

Kasus medis gatal dan panas di leher (Dermatitis Venenata)

Penjelasan kasus. Seorang wanita usia 40 tahun, ibu rumah tangga sehari-hari menggunakan jilbab datang dengan keluhan sebagai berikut : Muncul plenting di kulit leher sejak 3 minggu (plenting yang dimaksud adalah vesikel-bula). Plenting terasa gatal dan panas. Oleh dokter dikatakan pasien mengalami herpes. Sudah diberi acyclovir zaft dan acyclovir tab, obat sudah habis namun tidak sembuh. Diagnosis medis : Lesi hanya soliter dan terbatas pada 1 regional saja, menurut saya ini bukan herpes. Herpes tidak tepat diberikan acyclovir cream untuk kasus herpes zoster. Dari anamnesis dan gambaran dermatologi, pasien menderita Dermatitis Venenata. Terapi yang diberikan : Tes Kalium hidroksida (KOH) 10% dan lampu wood. Metilprednisolon tab 3 x 4 mg. Natrium diklofenak tab 3 x 50 mg prn. Cetirizine tab 1 x 10 mg prn. Digenta cream 2 x 1 ue. Kontrol kembali 5 hari kemudian.