Skip to main content

Waspada osteoporosis dini

Apakah saat ini anda masih termasuk orang yang aktif dan mampu melakukan aktivitas apapun dengan tulang yang kuat? Tapi, waspadalah jika anda sudah berusia di atas 30 tahun, diam-diam penyakit osteoporosis siap menggerogoti kekuatan tulang anda. Osteoporosis adalah pengeroposan tulang akibat sel tulang kehilangan kepadatannya. Perkembangan ekonomi dan teknologi menyebabkan kaum muda yang masih ambisius dalam aktivitas mengejar karir terbuai dalam pola hidup yang tidak baik. Sehingga lupa untuk lebih aktif bergerak setiap hari, minimal untuk berjalan kaki yang kadang malas dilakukan dan tidak memperhatikan asupan makanan. Pola hidup seperti ini menyebabkan tulang perlahan kehilangan kekuatannya dan meningkatkan resiko osteoporosis.

image source: advantage inc


Jumlah penderita osteoporosis di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Data terbaru dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan menyatakan bahwa 41.70 % penduduk Indonesia rawan osteoporosis dini karena kekurangan vitamin D dan kalsium. Wanita memiliki resiko 4x lebih besar mengalami osteoporosis dibandingkan pria. Risiko yang lebih besar dialami wanita dikarenakan pengaruh hormon esterogen. Menjelang masa menopause secara normal kadar esterogen akan menurun. Hormon esterogen berfungsi untuk mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita.


Osteoporosis adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan massa tulang sehingga membuat tulang menjadi mudah rapuh. Resiko patah tulang menjadi lebih mudah karena osteoporosis. Osteoporosis biasanya terjadi pada usia 50 tahun, namun bisa saja terjadi lebih awal. Hal ini sangat memungkinkan menyerang wanita yang lebih muda karena pola hidup yang kurang baik. 


Gaya hidup yang dapat menyebabkan osteoporosis :

  • Gaya hidup yang malas bergerak justru menyebabkan kerusakan pada tulang.
  • Trend minum kopi ternyata sistem kerja kopi adalah menahan asupan kalsium yang masuk ke tulang. Kebiasaan mengkonsumsi kopi, soda, dan minuman beralkohol bisa mempengaruhi kepadatan tulang.
  • Jarang memenuhi asupan gizi berupa vitamin D dan kalsium. Kalsium yang mudah diserap berasal dari susu dan sejenis olahannya. Dengan minum susu 2x sehari dapat menurunkan pelepasan kalsium tulang sehingga menurunkan risiko osteoporosis.

Gejala osteoporosis antara lain :
  • Nyeri punggung.
  • Tulang mudah patah saat terjadi kecelakaan kecil.
  • Tubuh menjadi bungkuk.
  • Sendi menjadi mudah geser.
  • Nyeri tulang saat berjalan.

Jika ingin terhindar dari osteoporosis mulai dari sekarang terapkan pola hidup sehat, seperti :

  • Rajin berolahraga dengan jalan santai 1000 langkah.
  • Angkat beban untuk membentuk kepadatan tulang.
  • Minum susu berkalsium tinggi 2 kali sehari.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium.


Tulang merupakan kerangka yang menyokong tubuh untuk dapat berdiri tegak. Kesehatan tulang menjadi hal yang sangat penting bagi tubuh. Apabila mengalami keluhan osteoporosis segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Penyakit Brahma, benarkah penyakit kutukan? Simak penjelasannya dalam ilmu medis

Indonesia kaya akan budaya yang sebagian masyarakatnya masih mempercayai tahayul. Dalam masyarakat Betawi, dikenal penyakit Brahma yang konon terjadi akibat melewati tempat bekas orang berzina. Penyakit tersebut diyakini hanya bisa disembuhkan dengan cara disembur oleh dukun kemudian dioleskan campuran daun brahma merah, jamur pandan merah dan minyak kelapa. Pada kasus yang terjadi, penderitanya datang dengan keluhan demam, muncul lesi seperti bisul berisi air disertai rasa panas seperti terbakar, beberapa diantaranya sampai meninggal dunia. Dalam ilmu kedokteran tidak dikenal penyakit Brahma air ataupun Brahma api. Dilihat dari gejala fisiknya, penyakit tersebut masuk dalam kategori infeksi akut. Jenis infeksi akut salah satunya adalah sepsis. Hampir 95% gejala penyakit Brahma (yang disebut oleh orang betawi), sesungguhnya merupakan gejala sepsis. Sepsis adalah kondisi peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi bakteri ataupun mikroorganisme di dalam darah, uri

Kista Bartholin (benjolan di bibir vagina), penyebab dan gejalanya

Pernahkah anda mendengar istilah kista Bartholin? Kista Bartholin merupakan benjolan yang tumbuh pada lipatan bibir vagina akibat penyumbatan saluran kelenjar Bartholin. Kelenjar Bartholin terletak di seluruh sisi dinding vagina yang berfungsi mengeluarkan cairan untuk membantu melumaskan vagina saat berhubungan seksual. Tumbuhnya kista Bartholin umumnya terjadi pada wanita di masa usia subur atau menjelang menopause. Faktor penyebab tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin : Iritasi jangka panjang pada vagina. Peradangan akibat infeksi bakteri Escherichia coli. Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae . Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Chlamydia trachomatis . Dalam kasus yang terjadi, kista Bartholin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kista dapat terinfeksi bakteri sehingga terbentuk nanah menjadi abses Bartholin. Proses terbentuknya kista Bartholin : Kelenjar Bartholin memiliki saluran untuk menge

Kasus medis gatal dan panas di leher (Dermatitis Venenata)

Penjelasan kasus. Seorang wanita usia 40 tahun, ibu rumah tangga sehari-hari menggunakan jilbab datang dengan keluhan sebagai berikut : Muncul plenting di kulit leher sejak 3 minggu (plenting yang dimaksud adalah vesikel-bula). Plenting terasa gatal dan panas. Oleh dokter dikatakan pasien mengalami herpes. Sudah diberi acyclovir zaft dan acyclovir tab, obat sudah habis namun tidak sembuh. Diagnosis medis : Lesi hanya soliter dan terbatas pada 1 regional saja, menurut saya ini bukan herpes. Herpes tidak tepat diberikan acyclovir cream untuk kasus herpes zoster. Dari anamnesis dan gambaran dermatologi, pasien menderita Dermatitis Venenata. Terapi yang diberikan : Tes Kalium hidroksida (KOH) 10% dan lampu wood. Metilprednisolon tab 3 x 4 mg. Natrium diklofenak tab 3 x 50 mg prn. Cetirizine tab 1 x 10 mg prn. Digenta cream 2 x 1 ue. Kontrol kembali 5 hari kemudian.