Skip to main content

Tips mencegah pikun

Otak merupakan organ tubuh yang memiliki tugas paling berat untuk mengatur segala proses yang terjadi pada tubuh. Termasuk menjadi alat penyimpan memori dalam perjalanan hidup seorang manusia. Ingatan yang disimpan di dalam otak terdiri dari ikatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh menyebabkan penurunan fungsi otak dalam mengingat sesuatu. Hingga terjadilah Dimensia yang umumnya dikenal dengan istilah pikun. Dimensia (pikun) adalah kesulitan seseorang untuk mengingat sesuatu, dalam keadaan ini otak kehilangan fungsinya untuk mengingat.



Pertambahan usia meningkatkan risiko seseorang menjadi mudah lupa bahkan tidak ingat akan suatu hal. Penyebab pikun diantaranya adalah :
  • Pertambahan usia.
  • Riwayat keturunan.
  • Hipertensi.
  • Gangguan autoimun.
  • Trauma.
  • Depresi.
  • Tumor otak.
  • Gangguan metabolisme.
  • Penyakit hidrosefalus.
  • Penyakit alzheimer.
  • Penyakit demensia tubuh lewy.
  • Penyakit demensia fronto temporal.

Gejala penyakit dimensia (pikun) adalah :
  • Salah atau lupa menempatkan barang.
  • Kehilangan ingatan jangka pendek.
  • Sering salah menyebut nama orang atau benda.
  • Mengalami perubahan sikap.
  • Mengulang-ulang sesuatu yang sama.
  • Mengalami kebingungan.
  • Kehilangan keahlian secara berkala.
  • Sulit mengikuti arahan.

Tips untuk meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori atau menurunkan resiko kepikunan adalah :
  • Mulai dari sekarang jauhi alat hitung seperti kalkulator. Usahakan untuk membiasakan otak menghitung sendiri, karena itu dapat merangsang sel-sel syaraf otak untuk berkembang dan menjaga kekuatannya. Jangan memanjakan otak. Bisa juga dengan mengisi tekat-teki silang untuk membuat otak terus bekerja dan berpikir.
  • Melakukan yoga otak, caranya kepalkan dua tangan. Lalu telunjuk tangan kiri dikeluarkan dan kelingking tangan kanan juga dikeluarkan. Jadi yang dimainkan hanya dua jari. Rubah jari secara bergantian antara tangan kanan dan kiri. Lakukan itu secara bergantian, perlahan dan makin lama semakin cepat. Ini adalah salah satu cara yoga otak untuk meningkatkan kemampuan otak. Bisa dilakukan setiap hari dan kapan saja atau menjelang tidur. Membuat koneksi baru dalam memori otak antara otak kanan dan otak kiri.
  • Mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang mengandung vitamin, mineral, dan anti oksidan seperti : 
  1. Telur, mengandung kolin yang bagus untuk meningkatkan memori otak.
  2. Udang kaya vitamin B12 dan omega 3, B12 membuat selubung syaraf otak tetap terjaga.
  3. Rasberry dan Strawberry, dua buah ini mengandung anti oksidan tinggi yang mampu melindungi sel-sel otak. 
  4. Buah manggis yang disebut ratu buah juga bagus untuk mencegah kepikunan karena memiliki anti oksidan yang sangat tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Letak anti oksidan paling banyak ada di kulitnya yang berwarna merah keunguan. Prinsipnya tidak boleh mengkonsumsi kulit manggis secara utuh atupun diblender, karena ada senyawa yang dapat membuat kejang usus. Sebaiknya konsumsi kulit manggis yang sudah di ekstrak secara modern. Jika diekstrak kita sudah bisa mendapatkan zat aktif yang tidak terganggu oleh senyawa lainnya yang merugikan.


Menjaga kesehatan pikiran adalah hal yang penting dalam menjalani kehidupan. Latih terus kerja otak supaya tidak terjadi penurunan fungsi. Terapkan pola hidup sehat agar organ tubuh dapat bertahan lama dalam menjalankan fungsinya dengan baik.

Comments

Popular posts from this blog

Penyakit Brahma, benarkah penyakit kutukan? Simak penjelasannya dalam ilmu medis

Indonesia kaya akan budaya yang sebagian masyarakatnya masih mempercayai tahayul. Dalam masyarakat Betawi, dikenal penyakit Brahma yang konon terjadi akibat melewati tempat bekas orang berzina. Penyakit tersebut diyakini hanya bisa disembuhkan dengan cara disembur oleh dukun kemudian dioleskan campuran daun brahma merah, jamur pandan merah dan minyak kelapa. Pada kasus yang terjadi, penderitanya datang dengan keluhan demam, muncul lesi seperti bisul berisi air disertai rasa panas seperti terbakar, beberapa diantaranya sampai meninggal dunia. Dalam ilmu kedokteran tidak dikenal penyakit Brahma air ataupun Brahma api. Dilihat dari gejala fisiknya, penyakit tersebut masuk dalam kategori infeksi akut. Jenis infeksi akut salah satunya adalah sepsis. Hampir 95% gejala penyakit Brahma (yang disebut oleh orang betawi), sesungguhnya merupakan gejala sepsis. Sepsis adalah kondisi peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi bakteri ataupun mikroorganisme di dalam darah, uri

Kista Bartholin (benjolan di bibir vagina), penyebab dan gejalanya

Pernahkah anda mendengar istilah kista Bartholin? Kista Bartholin merupakan benjolan yang tumbuh pada lipatan bibir vagina akibat penyumbatan saluran kelenjar Bartholin. Kelenjar Bartholin terletak di seluruh sisi dinding vagina yang berfungsi mengeluarkan cairan untuk membantu melumaskan vagina saat berhubungan seksual. Tumbuhnya kista Bartholin umumnya terjadi pada wanita di masa usia subur atau menjelang menopause. Faktor penyebab tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin : Iritasi jangka panjang pada vagina. Peradangan akibat infeksi bakteri Escherichia coli. Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae . Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Chlamydia trachomatis . Dalam kasus yang terjadi, kista Bartholin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kista dapat terinfeksi bakteri sehingga terbentuk nanah menjadi abses Bartholin. Proses terbentuknya kista Bartholin : Kelenjar Bartholin memiliki saluran untuk menge

Kasus medis gatal dan panas di leher (Dermatitis Venenata)

Penjelasan kasus. Seorang wanita usia 40 tahun, ibu rumah tangga sehari-hari menggunakan jilbab datang dengan keluhan sebagai berikut : Muncul plenting di kulit leher sejak 3 minggu (plenting yang dimaksud adalah vesikel-bula). Plenting terasa gatal dan panas. Oleh dokter dikatakan pasien mengalami herpes. Sudah diberi acyclovir zaft dan acyclovir tab, obat sudah habis namun tidak sembuh. Diagnosis medis : Lesi hanya soliter dan terbatas pada 1 regional saja, menurut saya ini bukan herpes. Herpes tidak tepat diberikan acyclovir cream untuk kasus herpes zoster. Dari anamnesis dan gambaran dermatologi, pasien menderita Dermatitis Venenata. Terapi yang diberikan : Tes Kalium hidroksida (KOH) 10% dan lampu wood. Metilprednisolon tab 3 x 4 mg. Natrium diklofenak tab 3 x 50 mg prn. Cetirizine tab 1 x 10 mg prn. Digenta cream 2 x 1 ue. Kontrol kembali 5 hari kemudian.