Skip to main content

Hymenoplasty (operasi pengembalian keperawanan)

Virgin atau keperawanan menentukan status pada seorang wanita. Belakangan ini sedang booming istilah operasi keperawanan. Mari baca ulasan lebih jelasnya. Wanita yang masih gadis alias perawan memiliki selaput dara yang membatasi ruang vagina dengan sisi luar.
Hymen (selaput dara) adalah lapisan tipis yang mengelilingi atau menutup sebagian lubang vagina.



Letak selaput dara sangat dekat dengan muara vagina. Secara biologis dari ujung luar jaraknya hanya sekitar 1 cm dan ingat selaput dara bukan selaput yang menutupi seluruh permukaan ruang vagina. Jika selaput menutupi seluruh permukaan artinya selaput dara tidak normal (Hymen Imperforata). Darah menstruasi tidak akan bisa keluar.


Jenis bentuk selaput dara :

  • Berbentuk cincin.
  • Berbentuk bulan sabit.
  • Berbentuk saringan (seperti sarang laba-laba).



Dinding selaput dara dipenuhi pembuluh darah dan jenisnya pada setiap wanita berbeda-beda, ada yang tipis, tebal, elastis. Hal inilah yang mempengaruhi berdarah atau tidaknya saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Selaput dara yang kurang elastis akan robek dan terjadi pendarahan ketika pertama kali dilakukan penetrasi. Inilah yang dijadikan penentu seorang wanita masih perawan atau tidak.



Indikator banyaknya darah tidak ada ketetapan secara medis. Semakin kecil lubang pada selaput dara akan semakin sulit dan semakin sakit saat penetrasi pertama kali. Terlepas dari status atau indikator keperawanan, sekarang ini sedang fenomenal operasi mengembalikan keperawanan.


Hymenoplasty adalah pembedahan pada selaput dara yang betujuan untuk merekontruksi selaput dara yang telah rusak.


Ada berbagai alasan seseorang melakukan operasi keperawanan (hymenoplasty), salah satunya adalah untuk menjaga keutuhan atau semata untuk kepuasan pribadi. Jika bicara mengenai operasi pengembalian keperawanan, operasi ini sifatnya rekonstruksi. Merekonstruksi kembali selaput dara yang sudah robek.


Rusaknya selaput dara bisa disebabkan berbagai hal :

  • Hubungan seksual.
  • Olahraga.
  • Senam.
  • Berkuda.
  • Bersepeda.


Tindakan Hymenoplasty dikhususkan untuk para korban kekerasan seksual. Tetapi sekarang ini malah menjadi trend dikalangan wanita-wanita yang ingin kembali merasa seperti gadis lagi. Biaya operasi keperawanan kurang lebih sekitar 8-10 juta rupiah.
Hymenoplasty termasuk tindakan operasi kecil. Lama prosesnya kurang lebih hanya sekitar 1 jam. Bisa dilakukan dengan pembiusan lokal. Apabila ingin bius total tentunya memerlukan biaya lebih mahal lagi untuk dilakukan perawatan selama sehari. 
  • Simple Hymenoplasty dilakukan pada kasus kerusakan selaput dara ringan. Biasanya selaput dara yang robek hanya akan dijahit untuk mengembalikan bentuknya seperti semula. Penjahitan (reaproksimasi) menggunakan benang khusus yang mudah terserap sehingga tidak terlihat bekasnya.
  • Hymenoplasty dalam kasus kerusakan selaput dara total, tidak lagi bisa dijahit. Maka digunakan teknik alloplant yaitu pemasangan selaput dara buatan.

Sebelum melakukan hymenoplasty, pasien diharuskan melakukan konsultasi dan pemeriksaan kandungan terlebih dahulu. Penyembuhan pasca operasi sekitar 1-6 minggu. Hubungan seksual baru boleh dilakukan kembali setelah 4 minggu pasca pembedahan.


Idealnya operasi selaput dara ini cukup dilakukan satu kali. Tapi, boleh saja jika ingin dua kali bahkan tiga kali operasi. Semakin sering melakukan operasi maka bekas operasinya akan semakin banyak, sehingga dapat mengeras, timbul rasa nyeri, dll. Tindakan Hymenoplasty tidak memberikan jaminan berdarah lagi saat melakukan hubungan intim, tetapi  dapat memberikan sensasi baru karena vagina akan kembali rapat seperti gadis lagi. Bagi wanita yang memiliki cukup uang dan ingin memberikan kepuasan untuk diri sendiri ataupun pasangan, teknik hymenoplasty bisa dicoba.





Comments

Popular posts from this blog

Penyakit Brahma, benarkah penyakit kutukan? Simak penjelasannya dalam ilmu medis

Indonesia kaya akan budaya yang sebagian masyarakatnya masih mempercayai tahayul. Dalam masyarakat Betawi, dikenal penyakit Brahma yang konon terjadi akibat melewati tempat bekas orang berzina. Penyakit tersebut diyakini hanya bisa disembuhkan dengan cara disembur oleh dukun kemudian dioleskan campuran daun brahma merah, jamur pandan merah dan minyak kelapa. Pada kasus yang terjadi, penderitanya datang dengan keluhan demam, muncul lesi seperti bisul berisi air disertai rasa panas seperti terbakar, beberapa diantaranya sampai meninggal dunia. Dalam ilmu kedokteran tidak dikenal penyakit Brahma air ataupun Brahma api. Dilihat dari gejala fisiknya, penyakit tersebut masuk dalam kategori infeksi akut. Jenis infeksi akut salah satunya adalah sepsis. Hampir 95% gejala penyakit Brahma (yang disebut oleh orang betawi), sesungguhnya merupakan gejala sepsis. Sepsis adalah kondisi peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi bakteri ataupun mikroorganisme di dalam darah, uri

Kista Bartholin (benjolan di bibir vagina), penyebab dan gejalanya

Pernahkah anda mendengar istilah kista Bartholin? Kista Bartholin merupakan benjolan yang tumbuh pada lipatan bibir vagina akibat penyumbatan saluran kelenjar Bartholin. Kelenjar Bartholin terletak di seluruh sisi dinding vagina yang berfungsi mengeluarkan cairan untuk membantu melumaskan vagina saat berhubungan seksual. Tumbuhnya kista Bartholin umumnya terjadi pada wanita di masa usia subur atau menjelang menopause. Faktor penyebab tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin : Iritasi jangka panjang pada vagina. Peradangan akibat infeksi bakteri Escherichia coli. Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae . Infeksi penyakit menular seksual akibat bakteri Chlamydia trachomatis . Dalam kasus yang terjadi, kista Bartholin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kista dapat terinfeksi bakteri sehingga terbentuk nanah menjadi abses Bartholin. Proses terbentuknya kista Bartholin : Kelenjar Bartholin memiliki saluran untuk menge

Kasus medis gatal dan panas di leher (Dermatitis Venenata)

Penjelasan kasus. Seorang wanita usia 40 tahun, ibu rumah tangga sehari-hari menggunakan jilbab datang dengan keluhan sebagai berikut : Muncul plenting di kulit leher sejak 3 minggu (plenting yang dimaksud adalah vesikel-bula). Plenting terasa gatal dan panas. Oleh dokter dikatakan pasien mengalami herpes. Sudah diberi acyclovir zaft dan acyclovir tab, obat sudah habis namun tidak sembuh. Diagnosis medis : Lesi hanya soliter dan terbatas pada 1 regional saja, menurut saya ini bukan herpes. Herpes tidak tepat diberikan acyclovir cream untuk kasus herpes zoster. Dari anamnesis dan gambaran dermatologi, pasien menderita Dermatitis Venenata. Terapi yang diberikan : Tes Kalium hidroksida (KOH) 10% dan lampu wood. Metilprednisolon tab 3 x 4 mg. Natrium diklofenak tab 3 x 50 mg prn. Cetirizine tab 1 x 10 mg prn. Digenta cream 2 x 1 ue. Kontrol kembali 5 hari kemudian.